Perbaikan Software Nokia N91

General 2G Network GSM 900 / 1800 / 1900
3G Network UMTS 2100
Announced 2Q, 2005
Status Discontinued
Size Dimensions 113.1 x 55.2 x 22 mm
Weight 164 g
Display Type TFT, 256K colors
Size 176 x 208 pixels, 2.1 inches, 35 x 41 mm

- 5-way configurable navigation key
Sound Alert types Vibration; Downloadable polyphonic, MP3 ringtones
Speakerphone Yes

- 3.5 mm audio output jack
Memory Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Detailed, max 30 days
Internal 4 GB/8 GB storage (microdrive), 64 MB RAM
Card slot No
Data GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G Yes, 384 kbps
WLAN Wi-Fi 802.11b/g
Bluetooth Yes, v1.2 (A2DP - 8 GB version only)
Infrared port No
USB Yes, v2.0, miniUSB
Camera Primary 2 MP, 1600x1200 pixels
Video Yes
Secondary No
Features OS Symbian OS v9.1, Series 60 UI 3rd Edition
CPU Dual ARM 9 220 MHz processor
Messaging SMS, MMS, EMail, Instant Messaging
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
Radio Stereo FM radio; Visual radio
Games Java downloadable
Colors Light Blue Chrome, Dark Gray Chrome, Black (Music Edition)
GPS No
Java Yes, MIDP 2.0

- T9
- Voice dial
- Voice memo
- Organizer
Battery
Standard battery, Li-Ion (BL-5C) 900 mAh
Stand-by Up to 190 h (2G) / 170 h (3G)
Talk time Up to 4 h (2G) / 3 h (3G)
Music play Up to 10 h
Misc SAR US 0.74 W/kg (head) 0.58 W/kg (body)
SAR EU 0.48 W/kg (head)

Pernahkah Anda mendapati sebuah kondisi dimana ponsel Nokia anda memunculkan sebuah Notifikasi berbunyi: "Contact Retailer"? Walaupun anda sudah mencoba melakukan program ulang, masalah masih saja muncul.

Hal ini pernah terjadi pada ponsel Nokia N91.
Dimana kasus contact retailer ini bisa disebabkan oleh masalah software maupun hardware. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kita bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan flasher.
MTBOX merupakan salah satu program yang bisa diandalkan untuk masalah seperti ini.

Cara pengerjaannya sebagai berikut:
1. Perhatikan nomor IMEI.
Jika ditemukan ada masalah di IMEI, kita ambil contoh: 1234560654321?, maka persoalannya sudah pasti ada di software.
Anda tidak perlu mengUpgrade versi software ponsel yang mengalami kerusakan ini. Yang perlu dilakukan adalah mencari RPL BB5-nya. Anda bisa memulainya dengan mengetahuifile ASK-nya. Klik Read Ask BB5.
2. Muncul tampilan berikut, lalu masukkan nomor IMEI dan tekan tombol "Save".
3. File ASK telah brhasil dibaca.
4. Untuk menjadikan file ASK menjadi file RPL kita gunakan program MXLogger. Langkahnya adalah Jalankan Program "mxlogger", masukkan "Username" dan "Password" lalu tekan tombol "Login".
5. Masukkan file ASK dengan cara Drag and Drop kedalam menu "MXKEY DCT4/BB5 Logger 1.3"
6. Tekan tombol "Loguot" dan "Login" sekali lagi untuk mengetahui apakah file ASK tersebut telah siap. Jika muncul kata "Ready" berarti file rpl sudah jadi, sebaliknya jika muncul kata "Pending" berarti belum siap.
7. Setelah muncul kata "Ready", "Drag and Drop" file ASK kedalam menu "MXKEY DCT4/BB5 Logger 1.3" untuk mendapatkan file RPL.
8. File RPL telah diambil dan disimpan di: C:\Doccument and Setting\Terminator\Dekstop\N91\35839100113665.RPL
9. Sekarang jalankan kembali program "MT-Box Nokia" lalu tekan tombol "OK". Setelah itu tekan tombol "Write RPL BB5".
10. Pilih file RPL yang baru dikalkulasi tadi lalu tekan tombol "Open".
11. File RPL telah berhasil dimasukkan. IMEI sudah kembali normal.
12. Untuk melakukan SX4, kita ganti flasher JAF. Jalankan program J.A.F lalu pilih tab BB5.
13. Tandai opsi "SX4 AUTH" lalu tekan tombol "Service".
14. Proses ini memerlukan koneksi internet. Sesudah proses SX4 selesai dilakukan, tandai opsi "Write PM" lalu tekan tombol "Service".
15. Muncul kotak peringatan, Klik "Yes".
16. Pilih PM yang sesuai.
17. Proses penulisan PM selesai.
Ponsel pun kembali normal.

0 komentar: