WINDOWS MOBILE VS ANDROID

Seteru Dua Smartphone OS

Dalam Workshop yang diadakan oleh Windows Mobile beberapa waktu lalu, seorang peserta menanyakan siapakah kompetitor terdekat dari sistem operasi Windows Mobile.

David Tse, Regional Channel & Consumer Marketing Mobile Communication Business, Microsoft Asia Pasifik dan China Daratan mengatakan bahwa kompetitor terdekat dari Windows Mobile saat ini adalah Android, sistem operasi besutan Google.

Meski kemunculan BlackBerry dan iPhone cukup menggoyang pasar WinMo (Windows Mobile), namun David Tse menilai bahwa keduanya, terutama iPhone memiliki sejumlah kelemahan dibanding WinMo.

Matthew Miller, seorang pemerhati teknologi ponsel telah melakukan komparasi atas dua sistem operasi yang digawangi oleh dua raksasa IT dunia tersebut. Ada 9 parameter yang digunakan untuk mengukur keduanya yaitu faktor kestabilan, kemampuan multimedia, performa dan integritas, software, dukungan enterprise, teknologi layar, kemampuan nirkabel, keamanan, dan hardware form factors.

1. Stabilitas
Windows Mobile:











Banyak pengguna perangkat Windows Mobile yang mengeluhkan ketidakstabilan ponsel WinMonya. Sedangkan ponsel tersebut sampai saat ini masih tersedia di pasaran. Ponsel WinMo non touchscreen dinilai memiliki sistem yang lebih stabil.

Android:














Percobaan instalasi G1 dengan 50 lebih aplikasi tak mampu menemui kendala hingga sampai melakukan soft atau hard reset. Memang ada beberapa isu tentang aplikasi pihak ketiga yang sering hang dan kelebihan beban memori, tapi hal itu tak sampai menyebabkan instabilitas sistem operasi.
Pemenang: Android, lebih stabil

2. Multimedia (Image, Video, Music Player, Movie Player)
Windows Mobile:
Omnia merupakan contoh perangkat WinMo yang memiliki kualitas kamera dan rekam video cukup bagus. WinMo juga memiliki Windows Media Player yang diadaptasi dari versi PC untuk ponsel.
Android:
Kamera G1 standar tanpa flash. Meski demikian kemampuan autofokusnya cukup lumayan. Tak ada fasilitas rekam video. Fasilitas Amazon MP3 store yang terintegrasi di Android telah menyertakan music player sederhana. Begitu juga video playernya, standar. Meski demikian Anda bisa mendownload beberapa aplikasi player dari pengembang pihak ketiga.
Pemenang: Tidak ada.
Android dan WinMo bukan tipikal ponsel multimedia. Faktor perbaikan multimedia tergantung bagaimana masing-masing sistem mengembangkannya

3. Performa
Windows Mobile:
Banyak ponsel berbasis Windows yang beredar di pasaran. Kinerjanya pun bermacam-macam. Namun yang perlu digarisbawahi, WinMo non touchscreen memiliki kinerja telepon yang baik, sedangkan versi touchscreennya kurang nyaman jika dipakai untuk keperluan telepon seperti melakukan dialling.
Android:
Sama seperti WinMo, G1 dan HTC Magic kurang nyaman dipakai untuk bertelepon. Akan tetapi Android memiliki kelebihan dalam menu notifikasinya yang mudah terlihat dan dimengerti.
Pemenang: Tidak ada

4. Software
Windows Mobile:
Meski banyak aplikasi dan pengembang yang menyokong sistem operasinya, namun sampai saat ini Windows Mobile tidak memiliki toko yang terintegrasi ke dalam sistemnya.
Android:
Aplikasinya terbilang masih sedikit, namun memiliki berbagai kebutuhan seperti sosial network, atau belanja. Hampir semuanya bersifat gratis. Android juga memiliki fasilitas Android Market. Diharapkan ketika sudah banyak aplikasi komersil, aplikasi gratis berkualitas tetap ada.
Pemenang: Android, salah satunya karena memiliki fasilitas Android Market

5. Dukungan Exchange (Skala Perusahaan)
Windows Mobile:
Jika Anda atau Perusahaan Anda terintegrasi dengan Exchange Server dan Outlook, maka sangat nyaman untuk menggunakan sistem operasi selain Windows.
Android:
Android memiliki aplikasi semacam Touchdown yang mampu mengintegrasikan perangkat ini ke Exchange Server tanpa masalah. Semua bisa disinkronisasikan.
Pemenang: Windows Mobile

6. Teknologi Display
Windows Mobile:
WinMo menggunakan display non touch dan touch dengan teknologi resistive. Memerlukan stylus dalam pengoperasiannya.
Android:
Android mengikuti tren iPhone dengan menggunakan teknologi capasitive display. Pengoperasiannya lebih mudah dan nyaman.
Pemenang: Android

7. Kemampuan Nirkabel
Kedua sistem operasi mendukung semua modus standar nirkabel yang tersedia saat ini, namun kemampuan Bluetooth Android di Magic dan G1 masih sangat terbatas.
Pemenang: Windows Mobile, kelebihannya pada perangkat Bluetooth

8. Keamanan
Windows Mobile:
Windows Mobile telah mempersiapkan sistem keamanannya jauh jauh hari dengan melalui Exchange Active Sync.
Android:
Android di Magic dan G1 merupakan sistem "terbuka" yang melakukan sinkronisasi dengan server Google, belum diketahui bagaimana sistem pengamanannya.
Pemenang: Windows Mobile, karena memiliki fasilitas keamanan di Exchange Active Sync

9. Pabrikan
Windows Mobile:
Perangkat Windows Mobile cukup banyak di pasaran. Yang menarik dari WinMo adalah, Anda bisa memilih ponsel WinMo yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik yang berlayar sentuh atau yang mengandalkan keypad dengan pilihan operator sesuai dengan keinginan Anda.
Android:
Saat ini hanya ada beberapa ponsel seperti G1 dan HTC Magic yang baru ada di pasaran. Tampilan G1 dinilai kurang elegan dan masih memiliki banyak kelemahan seperti tidak adanya jack audio, kualitas kamera yang kurang, dan baterai yang boros. Meski demikian, trackball dan keyboardnya cukup nyaman digunakan.
Pemenang: Windows Mobile

Kesimpulan:
Windows Mobile:
Cocok untuk target pasar korporat karena fasilitas dan kemampuan yang dimilikinya, antara lain integrasi dengan Exchange server dan faktor keamanan yang cukup bagus.
Android:
Lebih cocok ditujukan ke konsumen secara umum karena dukungan software, kemudahan menu dan stabilitas sistemnya.

2 komentar:

together mengatakan...

wahh jadi bingung mw pilih yang mana.
ada saran
menurut agan bagus yang mana nih ???

muhamad Sodikin mengatakan...

Bagusan android semua apps yg terinstall di memory card atau memory internal lebih stabil.