ADU APLIKASI FACEBOOK

Demam Facebook makin mewabah. Kapan pun dimana pun harus bisa Facebook an. Ponsel dipilih sebagai sarana yang paling memungkinkan untuk itu. Beberapa vendor pun menangkap gejala ini dengan menghadirkan aplikasi Facebook di seri ponselnya.
Mana yang paling menarik?

FACEBOOK SONY ERICSSON
Biasanya untuk akses Facebook di ponsel, melalui web browser atau lewat aplikasi Facebook sudah dibenamkan di ponsel. Tujuannya sama, menuju tampilan Facebook. Agar terkesan berbeda, Sony Ericsson mencoba membuat Aplikasi Facebook sendiri dan sudah tersedia di beberapa seri ponsel Sony Ericsson terbaru (C510, W508 dan lainnya). Sayangnya Aplikasi ini tidak bisa didownload, jadi Sony Ericsson sendiri yang menanam aplikasi ini.

Ketika membuka menu Facebook, langsung disuguhkan tampilan Log In berupa isian Username dan Password.
Setelah berhasil Log In, akan masuk ke tampilan Facebook yang hanya satu halaman. Di halaman itu ditampilkan status dan news feed terbaru dari beberapa teman (15 teman yang bisa ditampilkan). Di situ Anda juga bisa menuliskan status.
Ada pilihan Option di softkey kiri, ketika di klik muncul menu:
- Refresh:
Untuk merefresh tampilan Facebook sehingga muncul tampilan teman dan status yang baru.
- Schedule Update:
Untuk meng-update tampilan Facebook yang sedang dibuka. Proses update bisa dilakukan secara otomatis dengan pilihan beberapa rentang waktu (setiap 15 menit, 1 jam, 6 jam atau setiap sehari sekali). Bisa juga di update secara manual.
- Go To Facebook Mobile:
Di tampilan Facebook yang sedang dibuka, fasilitas yang disediakan sangat terbatas. Untuk bisa menikmati fasilitas Facebook lainnya, tinggal pilih menu ini. Maka akan ditujukan ke tampilan Facebook Mobile (m.facebook.com)
- Updates In Standby:
Inilah yang membedakan aplikasi Facebook Sony Ericsson dengan aplikasi yang ada di ponsel lain. Dengan fasilitas ini maka ditampilkan awal layar (homescreen), bisa dimunculkan tampilan foto teman-teman Facebook berikut statusnya dengan posisi berjejer ke samping. Tampilan foto teman-teman yang ada ditengah akan diperbesar dan ditampilkan statusnya. Dan untuk melihat tampilan teman lainnya tinggal tekan tombol navigasi kanan atau kiri. Ada 30 foto teman yang bisa ditampilkan. Tapi sebelumnya di menu Updates In Standby harus memilih 'On'
Kemudian langsung menuju tampilan awal layar, maka akan terlihat foto teman-teman Facebook. Untuk bisa menggeser foto-foto tersebut, terlebih dahulu klik 'Facebook' yang ada di softkey kiri. Untuk meng-update tampilan foto ini, cukup tekan 'Refresh' yang ada di softkey kiri.
Jadi sebenarnya Aplikasi Facebook Sony Ericsson ini sederhana, karena fasilitasnya terbatas. Tapi tampilan Facebook di homescreen, itu terbilang menarik. Dan seperti telah dijelaskan, untuk fasilitas Facebook yang lebih lengkap, maka harus masuk ke tampilan Facebook Mobile (m.facebook.com) yang berbasis WAP. Di tampilan Facebook Mobile terdiri atas halaman:
- Home:
Berisi info yang berkaitan dengan pemilik Facebook (menerima message, poke, notificatin, dll), bisa meng-update status, tampilan beberapa teman dengan statusnya, memberi Comment.
- Profile:
Berisi tampilan koleksi foto, Contact info dan Wall
- Friends:
Berisi Search Friends, Recently Add, People You May Know dan My Friends (daftar teman)
- Inbox:
Berisi pesan masuk, bisa Composes Message, Reply, dan Delette Message. Selain itu ada juga tampilan Notification dan ada link ke Link Full Site (halaman Facebook berbasis WEB)

FACEBOOK iPHONE
Apple sudah menyediakan Aplikasi Facebook untuk produk iPhon-nya. Aplikasi ini bisa didownload gratis di Apple Application Store. Cara penggunaan Facebook di sini dengan cara menyentuh layar.
Dengan Aplikasi Facebook, maka untuk mengakses tidak perlu lewat web Browser, cukup klik menu Facebook. Maka akan langsung ditujukan ke tampilan Log In, masukkan Username dan Password. Setelah itu baru akan masuk ke tampilan Facebook. Ada beberapa tampilan yaitu:
- Home:
Berisi fasilitas News Feed, Notification, Request dan Upload Photo. Untuk fasilitas Upload Photo bisa mengambil foto yang tersimpan di ponsel, atau bisa juga langsung dari jepretan kamera.
- Profile:
Bisa meng-update status, atau Add Photo, bisa juga menulis di Wall. Di tampilan ini juga berisi info pribadi. Bisa juga melihat foto-foto yang tersimpan.
- Friends:
Berisi daftar Friend, dan bisa juga Find Friend dan Add Friend.
- Chatting:
Bisa chatting dengan sesama pengguna Facebook.
- Inbox:
Berisi pesan yang masuk, serta bisa me-Reply message tersebut.

FACEBOOK BLACKBERRY
Sama halnya dengan iPhone, BlackBerry juga menyediakan Aplikasi Facebook. Dan juga bisa didownload gratis di alamat http://mobile.blackberry.com langsung dari handset BlackBerry.
Pertama kali meng-klik juga akan ditampilkan halaman Log In.
Jika sudah masuk ke tampilan Facebook, akan terlihat beberapa tampilan, seperti:
- Home:
Berisi fasilitas Update Status, Notification, bisa juga melihat status teman dan memberi comment.
- Photo:
Bisa melihat koleksi foto yang tersimpan, atau Upload Foto. Untuk upload foto bisa mengambil dari foto yang tersimpan di ponsel, atau langsung dari jepretan kamera. Bisa juga memberi caption pada foto.
- Profile:
Berisi info pribadi, bisa juga menulis di Wall dan Update Status.
- Friends:
Bisa melihat daftar teman, Search Friends dan Add Friends. Bisa juga melihat Facebook teman.
- Inbox:
Berisi pesan masuk, serta bisa me-Reply atau mengirim pesan baru (Compose).
Selain itu juga ada fasilitas Poke, dan disediakan link ke Facebook Mobile (m.facebook.com). Menikmati Facebook bisa juga dengan cara sentuhan jari di layar, tetapi khusus untuk seri BlackBerry Storm. Untuk seri BlackBerry lainnya hanya mengandalkan tombol TrackBall dan tombol Qwerty Keyboard.

FACEBOOK WINDOWS MOBILE
Raksasa Software Microsoft, tidak mau kalah dengan para pesaingnya yang sudah membuat Aplikasi Facebook. Microsoft membuat Aplikasi Facebook untuk perangkat Smartphone-nya yang berbasiskan Sistem Operasi Windows Mobile 6. Aplikasi itu bisa didownload di www.windowsmobile.com/facebook
Seperti biasa, awal tampilan Facebook berupa halaman Log In. Setelah mengisi Username dan Password, baru masuk ke tampilan Facebook, yang berisi tampilan:
- Home:
Berisi tampilan News Feed, status teman dan bisa update status.
- Profile:
Berisi info pribadi, bisa juga menulis di Wall. Serta bisa melihat dan Upload Photo.
- Friends:
Berisi daftar teman yang bisa juga dilihat Facebook-nya.
- Message:
Berisi message yang masuk ke Inbox. Juga berisi Notification dan Request. Bisa juga melakukan Reply Message.
- Phonebook:
Berisi profile dari teman plus info nomor ponsel, ada juga fasilitas Search Friends.
Yang menarik dari Aplikasi Facebook di Windows Mobile yaitu memungkinkan untuk menelpon, mengirim SMS/MMS dan Chatting dengan teman yang ada di Facebook. Selain bisa juga Upload Photo dan Video, baik dari yang tersimpan di Smartphone, maupun langsung dari hasil bidikan kamera.

FACEBOOK SYMBIAN S60
Di ponsel Nokia N97 yang bersistem Operasi Symbian S60 5th Edition, sudah dibenamkan Aplikasi Facebook. Sama dengan Aplikasi Facebook lainnya, awalnya tampil halaman Log In. Jika berhasil masuk, maka akan terlihat tampilan:
- Home:
Berisi tampilan News Feed dan Event.
- Profile:
Berisi tampilan Wall dan Info.
- Friends:
Di sini bisa melihat status dari teman-teman, bisa juga memberi Comment. Selain itu juga ada fasilitas Phonebook, EveryOne, Find dan Search untuk mencari teman.
- Photos:
Berisi koleksi foto-foto yang tersimpan di Facebook. Bisa juga melakukan Upload Photo dan memberi Caption Photo.
- Inbox:
Berisi pesan yang masuk, bisa juga melakukan Reply.

MOBINITY
Ternyata ada juga Aplikasi Facebook untuk Symbian S60 edisi lainnya (selain S60 5th Edition). Aplikasi ini berada didalam Aplikasi Mobinity yang merupakan buatan pengembang konten bernama InTouch. Di Mobinity ada beberapa menu, seperti: Friends (Facebook), Chat (Yahoo! Messenger), Groups (Facebook Groups), News (Kompas.com), Market (Kaskus), MobiCJ (Citizen Journalis), Gift dan lainnya. Nah, Aplikasi Facebook ada di menu Friends.

Untuk bisa menggunakan Mobinity, caranya yaitu:
1. Download Aplikasinya di www.mobinity.net Hingga saat tulisan ini dibuat, Aplikasi tersebut masih bersifat Beta. Setelah itu install Aplikasi tersebut di ponsel yang kompatibel.
2. Selain via PC, bisa juga mendownload langsung dari ponsel, caranya ketik MOBI lalu kirim ke 9800. Atau bisa juga menerima Aplikasi dari ponsel lain via Bluetooth.
3. Setelah terinstal di ponsel, buka aplikasi Mobinity, lalu ada pilihan: Existing More User, New User, dan Existing More & Mobinity User. Pilih saja New User sebagai Pengguna Baru.
4. Setelah itu tampilan halaman pengisian Biodata dan Nomor PIN. Selanjutnya Klik 'Sent', maka dikirimkan data tersebut untuk Registrasi.
5. Tidak lama kemudian akan masuk SMS yang memberitahukan bahwa nomor ponsel Anda sudah bergabung dalam Mobinity. Juga ada keterangan masa berlaku aplikasi ini bisa digunakan.
6. Setelah itu masuk kembali ke Mobinity dan lakukan Log In dengan memasukkan nomor PIN yang sebelumnya sudah didaftarkan.
7. Kemudian akan muncul tampilan Mobinity yang terdiri dari beberapa menu. Untuk masuk ke Facebook, pilih menu Friends.
8. Kemudian lakukan Log In ke Facebook, akan terlihat beberapa fasilitas seperti:
- Home:
Di sini juga berisi tampilan teman-teman Facebook berikut dengan berbagai infonya, termasuk status. Juga ada fasilitas Upload Photo baik dari gallery Photo maupun langsung dari kamera. Bisa juga memberi Comment.
- Profile:
Berisi foto dan info pribadi, ada juga fasilitas Update Status, Upload Photo, My Photos (melihat koleksi foto) dan Wall.
- Friends:
Ada daftar nama, info dan foto friends, di sini bisa Sinkronisasi dengan Phonebook (Contact) yang ada di ponsel. Dengan begitu bisa langsung menelpon, mengirim SMS atau mengirim Email. Selain foto teman yang ada di Facebook juga bisa menjadi Caller ID saat telpon masuk. Di sini juga disediakan Search Friends untuk mencari dan menambah teman.
- Inbox:
Berisi pesan masuk yang bisa di Reply. Sayangnya belum ada fasilitas membuat pesan baru.

Untuk saat ini Mobinity baru berversi Beta. Anda bisa mencobanya, dan diberi waktu selama kurang lebih 5 hari. Mobinity bisa di instal di ponsel yang bersistem operasi Symbian S60 (selain S60 5th Edition). Untuk kedepannya, Mobinity rencananya akan dijual dengan cara Bundling dengan layanan operator. Dan untuk saat ini operator yang sudah men-suport Mobinity antara lain: Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan 3.

0 komentar: