OVI MAIL VS YAHOO MAIL VS GOOGLE MAIL (GMAIL)

Bersaing Berikan Layanan Terlengkap

Nokia meluncurkan layanan email gratis yang diberi nama Ovi Mail. Ini adalah pilihan baru bagi para pengguna email, yang selama ini lebih banyak menggunakan layanan email gratis dari Yahoo Mail atau Google Mail (Gmail).
Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan masing-masing layanan email tersebut?

OVI MAIL
Tampilan Ovi Mail terdiri dari 5 folder standar, yaitu Inbox, Drafts, Sent, Spam, Trash. Anda juga bisa membuat folder lainnya sendiri. Ovi Mail juga menyediakan Address Book untuk menyimpan data orang lain. Ovi Mail menyediakan kapasitas penampungan email sebesar 1 GB.

Ovi Mail juga sudah mensuport attachment. Anda bisa menyelipkan hingga 10 file attachment dalam satu email. Tapi ukuran email maksimum (termasuk attachment) yang bisa dikirim yaitu 20 MB.

Ovi Mail menyediakan fasilitas Auto Reply untuk me-reply secara otomatis semua email yang masuk ke account Ovi Mail. Ovi Mail sudah dibenamkan fasilitas anti-spam dan anti virus. Ada juga fasilitas Search Mail untuk mencari email yang tersimpan. Ovi Mail juga didukung fasilitas Calender untuk mencatat jadwal penting. Ovi Mail bisa di akses via email client (seperti Microsoft Outlook).

Low Bandwith & High Bandwith Version
Ovi bisa berwujud dalam dua versi, yaitu versi untuk akses internet dengan bandwith tinggi (koneksi internet cepat) dan bandwith rendah (koneksi internet lambat). Semua layanan dasar email bisa dinikmati di kedua versi.

Kelebihan versi bandwith tinggi yaitu:
- Bisa drag and drop email ke folder.
- Bisa menggunakan fasilitas type fonts, text size, Bold, Italics, Underlined, Text color, Background color, Left/Right/Block justify text, Center text, Create bulleted/ numbered lists.

Ovi Mail Mobile
Ovi Mail juga sudah menyediakan layanan untuk bisa diakses via ponsel. Khusus untuk ponsel dengan User Interface S40, sudah disediakan Setting Wizard. Fasilitas ini memungkinkan untuk membuat account Ovi Mail langsung dari ponsel. Untuk di ponsel lain bisa melakukan seting email secara manual.

YAHOO MAIL
Yahoo Mail dilengkapi beberapa folder, seperti Inbox, Drafts, Sent, Spam, dan Trash. Anda pun bisa menambah folder lainnya. Hebatnya, Yahoo Mail menyediakan kapasitas email yang tak terbatas.

Ada juga fasilitas Contact yang menampung biodata orang lain. Yahoo Mail juga menyediakan fasilitas Search Mail. Bahasa di Yahoo Mail bisa diubah menjadi bahasa Indonesia. Yahoo Mail juga menyediakan Calender untuk menyimpan berbagai jadwal penting. Menariknya, saat membuka Yahoo Mail di bawah tampilan isi email, akan terlihat jadwal pada hari itu yang tersimpan di Calender. Selain itu ada juga fasilitas Notepad untuk membuat catatan.

Ada beberapa fasilitas lain yang tidak dimiliki Ovi Mail. Seperti menyimpan biodata langsung ke Contact pada setiap email yang masuk, bisa mengubah ukuran dan jenis huruf, menseting suara untuk email masuk dan bisa mengganti warna background (ada 7 pilihan warna).

Setiap email yang dikirim, attachment yang bisa disertai maksimal berukuran 10 MB. Berbagai file bisa di-attach, seperti Word, Exel, Power Point, PDF, gambar, video, suara dan lainnya. Tidak lupa Yahoo Mail juga dilengkapi anti spam dan anti virus. Yang menarik, di sini juga disediakan fasilitas untuk Chatting, jadi Yahoo Messenger yang dimasukkan ke Yahoo Mail.

Yahoo Classic
Yahoo Mail juga sudah menyediakan versi lama khusus untuk yang akses internetnya lambat (bandwith kecil), namanya Yahoo Classic. Hampir sebagian besar fasilitas di versi bandwith lebar (All New Yahoo Mail), bisa dinikmati di Yahoo Classic. Seperti fasilitas anti spam, anti virus, bila diakses di ponsel, kapasitas email yang tidak terbatas, chatting, kirim SMS, dan lainnya.

Tapi tentu ada fasilitas yang membedakan. Di All New Yahoo Mail bisa memiliki fasilitas Drag and Drop email. Jika attachment berupa gambar maka bisa dilihat secara slideshow dan bisa untuk mendownload beberapa attachment sekaligus.

Mail Plus
Yahoo Mail juga memiliki versi lain, yang disebut Mail Plus. Selain berbagai fasilitas yang telah disebutkan, juga ditambahkan fasilitas lainnya. Yaitu bisa diakses di email client (seperti Microsoft Outlook), bisa forward email yang masuk ke alamat email lainnya, kapasitas attachment yang bisa disertakan 20 MB, fasilitas Auto Response (merespon email secara otomatis) dan tidak ada tampilan iklan. Tapi untuk menikmati Mail Plus harus membayar $19.99 untuk setahun.

Yahoo Mail Mobile
Yahoo Mail tentu menyediakan fasilitas untuk bisa diakses di ponsel (m.yahoo.com/mail). Bahkan di beberapa ponsel sudah disediakan menu link-nya. Jadi lebih mudah untuk mengakses Yahoo Mail, tidak perlu melalui browser. Jika belum memiliki link, di situs Yahoo Mail disediakan fasilitas untuk mengirim link Yahoo Mail, cukup masukkan nomor ponsel.

GOOGLE MAIL (GMail)
Tidak ingin kalah dengan pesaing terdekatnya (Yahoo), Google juga ikutan menyediakan layanan email gratis, yang dinamakan dengan Google Mail atau Gmail. GMail juga menyediakan beberapa folder, sperti Inbox, Sent Mail, Spam, Drafts dan Trash. Ada juga Contact untuk menampung biodata orang lain. Juga ada fasilitas lain seperti Calender (mencatat jadwal penting).

Gmail juga menyediakan fasilitas Anti Spam dan Anti Virus. Ada juga fasilitas Search Mail. Sama halnya dengan Yahoo, saat akses GMail juga dimungkinkan untuk melakukan Chatting dengan sesama pengguna account Google (GTalk). Tapi yang lebih menarik, ternyata juga bisa melakukan Video Chat, chatting sambil melihat tampilan lawan bicara sekaligus bisa berbicara dengan suara. Tapi tentu membutuhkan Webcam.

Jika di Yahoo Mail harus berbayar, maka di GMail layanan seperti Vacation Responder (sama dengan Auto Responder), Forward ke email address lain dan bisa diakses oleh email client (seperti Microsoft Outlook) disediakan gratis oleh GMail.

Tampilan GMail juga bisa dimodifikasi dengan mengganti warnanya. Tapi yang lebih menarik, juga bisa mengganti tampilan GMail secara keseluruhan alias mengganti Themes. Ada 31 pilihan Themes yang disediakan. GMail juga sudah menyediakan tampilan dalam bahasa Indonesia.

Kelebihan GMail lainnya yaitu mampu menerima dan memasukkan attachment (Word, Exel, Powerr Point, PDF, gambar, video, audio) dengan kapasitas hingga 25 MB (termasuk isi email), dan itu gratis. Attachment berupa Power Point bisa langsung dibuka secara slideshow. Juga saat membuka Word dan Exel, bisa langsung via Google Document (aplikasi untuk membuat dan membuka file dokumen secara online) sehingga lebih cepat. Begitu juga jika ingin membuka PDF, bisa lebih cepat.

Kalau Yahoo Mail menawarkan kapasitas yang tidak terbatas, GMail menyediakan kapasitas yang besarnya terus bertambah. Saat tulisan ini dibuat kapasitas yang tersedia mencapai 7,3 GB. Tapi tidak mungkin melebihi dari 10 GB. Karena untuk kapasitas 10 GB dan di atasnya harus berbayar, sebesar:
* 10 GB : $20/tahun
* 40 GB : $75/tahun
* 150 GB : $250/tahun
* 400 GB : $500/tahun

GMail Old Version & GMail Mobile
GMail juga menyediakan versi khusus jika akses internetnya menggunakan bandwith yang kecil (akses lambat). Dinamakan dengan Older Version, dengan begitu aksesnya bisa lebih cepat, tapi fasilitas yang bisa dinikmati tidak jauh berbeda. GMail juga sudah bisa diakses via ponsel. Caranya lewat web browser dan masuk ke alamat m.google.com/mail

0 komentar: