OPERA MINI VS UCWEB

Search Engine Microsoft Merambah Ponsel

Menjamurnya pengguna internet baik melalui PC atau perangkat mobile khususnya ponsel membuat parapengembang browser terus mengembangkan engine browsernya. Browser saat ini yang paling banyak penggunanya adalah Opera Mini, kini menemukan pesaingnya yakni UCWeb.

OPERA MINI
Siapa yang tidak mengenal Aplikasi Browser Opera Mini. Opera Mini merupakan salah satu produk dari Opera yang di peruntukkan bagi para pengguna ponsel selain Aplikasi Opera Mobilenya. Bedanya kalau Opera Mobile berjalan pada ponsel ber OS Symbian, sedangkan Opera Mini berjalan pada ponsel yang berplatform Java. Oleh karena itu Opera Mini lebih banyak digunakan oleh sebagian pengguna ponsel yang notabene kebanyakan ponsel sudah berplatform java. Saat ini browser terbaru Opera Mini adalah versi 4.2

Aplikasi Opera Mini adalah salah satu aplikasi browser ponsel yang sangat populer. Kepopulerannya memang cukup terbukti hebat dalam hal loading page yang sangat cepat, stabil, dan irit. Karena halaman yang ditampilkan akan dikompresi sampai 90% dari ukuran aslinya. Sehingga dapat mengefesienkan waktu dan biaya.

Pada tampilannya Opera Mini dapat membuka halaman WAP ataupun WEB, bahkan browser ini juga memiliki tampilan browser yang benar-benar mirip dengan tampilan pada PC. Sehingga halaman WEB dapat ditampilkan secara penuh.

Pada versi terbarunya Opera Mini 4.2 bahkan pengguna dapat mengganti kulit atau skins dengan beberapa skins yang berwarna. Beberapa diantaranya sudah diperkenalkan pada versi 3. Tidak hanya itu saja, melalui browser ini pengguna dapat menonton konten video yang disediakan oleh halaman yang dibuka.

Opera Mini memiliki fitur Opera Link, yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan bookmarks dan Speed Dial yang ada pada komputer yang menggunakan Opera 9.50 atau ponsel lain yang menggunakan Opera Mini. Bahkan pada ponsel yang mendukung JSR-75, Opera Mini dapat digunakan untuk menyimpan halaman. Sehingga pengguna dapat membacanya secara offline.

Opera Mini dapat digunakan secara Landscape. Caranya, pengguna tinggal menekan *# dan pindahkan ponsel Anda secara Landscape atau melalui menu settings yang tersedia. Pengguna Opera Mini dimudahkan dengan beberapa shortcut seperti memberikan Anda mouse virtual, jadi anda dapat dengan mudah menggeser ke arah manapun. Atau penggunaan navigasi pada browser Opera Mini juga dapat menggunakan keypad dengan menekan angka 2 untuk ke atas, 4 untuk ke kiri, 6 untuk ke kanan, 8 untuk ke bawah. Dan tombol 5 untuk memperbesar atau memperkecil tampilan.

Opera Mini juga memungkinkan pada Web Designers yang ingin membuat website mereka terlihat lebih baik dengan menggunakan Opera Mini. Karena Opera Mini sudah mendukung CSS yang dibutuhkan pada Web Designers untuk membuat halaman web mereka terlihat lebih sempurna pada halaman web mobile.

Namun , dibalik semua kelebihan Aplikasi Opera Mini adapun beberapa kekurangan yang terdapat pada Aplikasi ini. Beberapa diantaranya adalah belum mendukungnya flash, dan system download file. Bahkan kadang sering gagal jika untuk di buat download file besar.

UCWEB
Aplikasi UCWeb merupakan salah satu aplikasi browser yang diperuntukan para pengguna ponsel. Bahkan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi browser pesaing Opera Mini. Sama dengan Opera Mini, Browser yang diperkenalkan di China ini menawarkan browsernya secara gratis.

Kemampuannya bisa dibilang sejajar dengan Opera Mini. Seperti juga Opera Mini, UCWeb juga memiliki kompabilitas yang cukup baik. Karena dapat digunakan oleh beberapa ponsel platform Java. Saat ini UCWeb telah mencapai versi 6.3

Sama dengan Opera Mini, browser ini juga dapat melakukan kompresi file yang terbilang efektif. Sehingga membuka halaman web di ponsel bukan lagi sebuah kesulitan bahkan lebih cepat. Kecepatan loadingnya bisa dibilang relatif cepat, mungkin karena server UCWeb tidak sepadat Opera Mini yang penggunanya banyak.

Sayang kompresi yang dilakukan oleh UCWeb tidak sepadat Opera Mini sehingga masih memiliki beberapa kekurangan seperti borosnya dalam pemakaian data, sehingga akan menyedot lebih banyak biaya pulsa dibandingkan Opera Mini.

UCWeb browser mampu membuka tidak hanya halaman WAP, tetapi juga mampu digunakan untuk membuka halaman WEB. Selain itu UCWeb juga memiliki kontrol navigasi yang mudah digunakan oleh penggunanya. Sayangnya tampilan halaman kurang bagus jika dibandingkan dengan Opera Mini. Tampilannya masih berupa versi mobile, sehingga tidak bisa memperlihatkan seluruh halaman seperti aslinya seperti Opera Mini.

Berselancar melalui search engine seperti Google, Yahoo bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan browser UCWeb mendukung untuk membuat pengurutan untuk pencarian halaman web, MP3, gambar, peta, dan yang lainnya.

Kemampuan UCWeb dapat diandalkan untuk memutar file media online. Mungkin anda ingin menonton TV secara streaming atau menonton DVD streaming. Bahkan mendengarkan lagu-lagu populer dengan menggunakan ponsel.

Browser UCWeb dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan yang Anda inginkan. Karena UCWeb memiliki fungsi download yang cukup powerful sehingga membuat anda mudah untuk mendownload file yang kecil maupun file yang berukuran besar. Sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Kelebihan dari browser UCWeb yang tidak dimiliki oleh Opera Mini adalah fitur Multi Windows. Karena pada browser ini pengguna dapat berselancar di beberapa situs sekaligus menggunakan tab, seperti yang biasa digunakan pada PC.

Kelebihan lain yang dimiliki browser UCWeb adalah dari kecepatan download yang relatif lebih baik dibandingkan Opera Mini. Hal ini bisa sangat terasa saat pengguna melihat halaman yang penuh dengan gambar. Demikian juga saat melakukan upload foto ke Facebook. Proses ini berlangsung relatif lebih cepat daripada Opera Mini.

Terlebih lagi Aplikasi UCWeb memiliki Download Manager yang cukup bagus. Apabila kita mendownload file dengan Aplikasi ini, kita tak perlu takut saat kehabisan baterai dan ponsel mati saat download belum lengkap. Karena ada menu resume pada download manager.

Kesimpulan:
Secara tampilan dan efesiensi biaya, Opera Mini lebih diunggulkan daripada UCWeb. Namun jika dilihat dari kecepatan loadingnya, browser UCWeb bisa dibilang relatif cepat, mungkin karena server UCWeb tidak sepadat Opera Mini yang penggunanya banyak. UCWeb juga dapat Anda gunakan untuk membuka halaman sekaligus, yang tidak dapat dilakukan oleh Opera Mini. Hebatnya lagi UCWeb mampu diandalkan untuk mendownload file karena didalamnya sudah dilengkapi dengan Download Manager.

0 komentar: