YAHOO! MOBILE VS GOOGLE MOBILE

Adu Lengkap Aplikasi Ponsel

Persaingan antara Yahoo dan Google sudah berlangsung lama, bahkan kini semakin ketat. Masing-masing berusaha memberikan berbagai layanan online yang paling lengkap. Bahkan kini persaingan juga merambat ke industri ponsel. Baik Yahoo maupun Google sama-sama sudah memiliki aplikasi khusus untuk ponsel, yang disebut dengan Yahoo Mobile dan Google Mobile. Dengan begitu para pengguna bisa menikmati berbagai layanan yang ada langsung dari ponsel.

YAHOO! MOBILE
Ada beberapa ponsel yang sudah dibenamkan aplikasi Yahoo! Mobile. Bagi yang belum ada bisa masuk ke alamat situs: id.m.yahoo.com, langsung dari ponsel. Atau bisa juga masuk ke situs Yahoo! Mobile (http://id.mobile.yahoo.com/) lalu masukkan nomor ponsel, nanti akan dikirimkan link Yahoo! Mail. Beberapa layanan yang bisa dinikmati antaralain yaitu:

Mail
Bisa akses setiap saat dan dimana saja ke Yahoo! Mail melalui ponsel. Di sini anda bisa mengirim, menerima, mencari email, melihat attachment, meng-update kontak dan mengatur folder-folder email.

Messenger
Dapatkan aplikasi Instant Messaging ini, maka bisa chatting dimana saja dan kapan saja dari ponsel. Selain chatting, bisa juga akses daftar kontak Yahoo! Messenger, ubah status, kirim dan terima pesan, wink, buzz, atau LOL, dan lainnya.

News
Ikuti perkembangan berita dan peristiwa dunia melalui layanan ini di ponsel. Anda akan mendapatkan berita terhangat dari sumber terkemuka, di-update sepanjang hari dan di desain untuk ponsel. Gunakan Yahoo! oneSearch untuk mencari berita yang penting bagi Anda.

Weather
Dapatkan sekilas info prakiraan cuaca, disertai visual yang mudah dibaca dan akses sekali klik ke prakiraan cuaca lima harian, semuanya melalui ponsel. Cari tahu tentang cuaca di lokasi manapun dengan Yahoo! oneSearch pada ponsel. Cukup masukkan nama kota di Yahoo! oneSearch dan Anda akan mendapatkan prakiraan cuaca untuk kota itu.

Finance
Dapatkan ringkasan berita dan pasar terkini dari sumber pasar keuangan dan bisnis papan atas, atau akses portofolio saham Anda di ponsel. Gunakan Yahoo! oneSearch untuk akses cepat ke harga saham terkini dari perusahaan apapun, dan juga akses cepat ke bagan harga, statistik perdagangan terinci, dan berita perusahaan terkini.

Sports
Jadi yang terdepan dalam mengikuti berita olahraga lewat Yahoo! Sports, semuanya dari sumber olahraga terkemuka di Web, dan dikirim dalam format sekilas pandang yang khusus di desain untuk ponsel. Gunakan Yahoo! oneSearch untuk akses instan ke skor pertandingan dan berita olahraga berdasarkan tim, topik atau peristiwa.

Entertainment
Ikuti gosip panas tentang seleb favorit Anda, termasuk foto, berita, situs fan dan lainnya. Gunakan Yahoo! oneSearch untuk bisa akses instan ke jam tayang film, ulasan dan informasi mengenai bioskop di tempat Anda.

OneSearch
Mesin pencari yang di desain khusus untuk pengguna ponsel. Anda dapat mencari apa saja. OneSearch memahami apa yang Anda cari, karena hasil pencarian akan muncul pada satu halaman dan dikelompokkan menurut kategori utama, sehingga mudah sekali menemukan yang Anda perlukan. Selain itu bisa juga mengingat lokasi dari situs yang sudah ditemukan. OneSearch menyediakan konten Internet dan Mobile Web, mulai dari fitur Yahoo!, seperti Finance, Flickr dan Answers hingga Wikipedia serta berita utama terkini.

Galeri Widget
Di sini disediakan widget-widget dari berbagai layanan, seperti MTV Asia, Yahoo Answers, SCTV dan lainnya. Selain itu juga dapat menambah atau menghapus widget sesuai keinginan.

Yahoo! Go
Semua layanan tersebut diatas, bisa dikumpulkan dalam satu aplikasi widget yang disebut dengan Yahoo! Go. Untuk mendapatkannya bisa masuk ke alamat: id.get.go.yahoo.com, langsung dari ponsel. Di sini tidak hanya bisa menikmati layanan dari Yahoo saja, tapi juga bisa dari layanan online lainnya. Aplikasi Yahoo! Go men-suport berbagai jenis ponsel, seperti: BlackBerry, LG, Motorola, Nokia, Palm, Samsung, Sony Ericsson dan ponsel yang bersistem operasi Windows Mobile. Khusus untuk iPhone aplikasinya dinamakan Yahoo! Mobile, dan bisa didapatkan di iTune App Store.

GOOGLE MOBILE
Beberapa ponsel juga sudah menanam aplikasi Google Mobile. Jika belum ada, maka tinggal masuk ke alamat situs: m.google.com, langsung dari ponsel. Atau bisa kunjungi situs www.google.com/mobile/default, lalu masukkan nomor ponsel agar dikirim link Google Mail ke ponsel. Beberapa layanan yang ditawarkan Google Mobile antara lain yaitu:

Search
Dengan layanan ini, maka bisa mencari berbagai macam hal, mulai dari berita, gambar, produk dan lainnya, langsung dari ponsel. Di sini juga bisa menyimpan lokasi situs hasil pencarian, sehingga jika dibutuhkan lagi lebih cepat mengaksesnya. Untuk akses Gmail dari ponsel bisa kunjungi m.google.com/search

Maps
Dengan mendownload Google Maps, maka bisa melakukan berbagai aktifitas. Seperti mengetahui lokasi Anda berada meski tanpa GPS, mengetahui rute jalan dan berikut petunjuk arahnya, mencari lokasi tertentu, mengetahui kondisi lalu lintas dan lainnya. Untuk mendownload Google Maps bisa kunjungi m.google.com/maps

Gmail
Gmail atau Google Mail adalah layanan email gratis dari Google. Dengan begitu Anda bisa menerima dan mengirim email, juga bisa melihat attachment. Untuk akses Gmail dari ponsel bisa kunjungi m.google.com/mail

Youtube
Ini adalah situs yang berisi berbagai video. Sekarang tersedia versi untuk ponsel, di mana ukuran file nya lebih kecil dibandingkan versi Web. Selain bisa melihat video, bisa juga meng-upload video, serta bisa mencari videoyang diinginkan. Masuk ke m.google.com/youtube dari browser ponsel.

Latitude
Dengan layanan ini, maka bisa mengetahui dimana orang yang kita cari berada. Kemudian bisa langsung menelpon, mengirimkan SMS atau Chatting dengannya. Selain itu juga bisa saling bertukar info lokasi berada. Dari browser di ponsel masuk ke alamat google.com/latitude, untuk menikmati layanan ini.

Calendar
Dengan layanan ini maka bisa menyimpan berbagai jadwal penting. Jadwal yang tersimpan bisa juga di share dengan orang lain. Tidak hanya itu, bisa juga menseting agar ponsel memberitahu (alert) akan jadwal yang tersimpan. Untuk mengaksesnya bisa masuk ke m.google.com/calendar

Docs
Dengan layanan ini, maka bisa membuka dan melihat file-file dokumen langsung dari ponsel tanpa harus menginstal aplikasi Office. Caranya dengan masuk ke m.google.com/docs

Photos
Di sini bisa mengakses situs penyimpanan foto, Picasa. Selanjutnya bisa mencari foto, melihat secara slideshow, men-share dan memberikan komentar pada foto. Untuk semua itu, tinggal masuk ke m.google.com/photos, dari browser ponsel.

News
Agar tidak ketinggalan berita penting, akses m.google.com/news dari ponsel. Selain itu bisa juga mencari berita tertentu, atau membandingkan berita dari sumber berbeda.

Blogger
Dengan layanan ini maka bisa mem-posting tulisan atau gambar ke Blogger blog langsung dari ponsel. Caranya dengan mengirimkan email atau MMS ke alamat go@google.com. Tentunya bisa juga melihat blog tersebut, caranya dengan masuk ke m.google.com/blogger

iGoogle
Ini adalah layanan yang menggabungkan layanan Google seperti News, Gmail dan lainnya. Menariknya, di sini Anda bisa mengatur tampilannya di layar ponsel sesuai keinginan.

Google Mobile Application
Kalau Yahoo punya Yahoo! Go ayau Yahoo! Mobile, maka Google juga punya aplikasi khusus untuk ponsel yang menggabungkan berbagai layanan Google Mobile. Aplikasinya dinamakan Google Mobile Application. Untuk mendapatkannya bisa masuk ke m.google.com. Berbagai layanan Google Mobile, bisa di akses di ponsel seperti Nokia, Motorola, Samsung, Sony Ericsson, ponsel bersistem operasi Windows Mobile, BlackBerry, iPhone bahkan Android.

Kesimpulan:
Jenis layanan yang ditawarkan oleh Google Mobile lebih banyak daripada Yahoo! Mobile. Tapi sayangnya untuk layanan Google Instant Messenger (GTalk) memiliki aplikasi yang di instal terpisah tersendiri.

0 komentar: