APLIKASI FACEBOOK "MOBINITY" SYMBIAN S60

APLIKASI FACEBOOK "MOBINITY"
Untuk Ponsel Symbian S60 Selain S60 5th Edition

Ternyata ada juga Aplikasi Facebook untuk Symbian S60 edisi lainnya (selain S60 5th Edition). Aplikasi ini berada didalam Aplikasi Mobinity yang merupakan buatan pengembang konten bernama InTouch. Di Mobinity ada beberapa menu, seperti: Friends (Facebook), Chat (Yahoo! Messenger), Groups (Facebook Groups), News (Kompas.com), Market (Kaskus), MobiCJ (Citizen Journalis), Gift dan lainnya. Nah, Aplikasi Facebook ada di menu Friends.

Untuk bisa menggunakan Mobinity, caranya yaitu:

1. Download Aplikasinya di www.mobinity.net Hingga saat tulisan ini dibuat, Aplikasi tersebut masih bersifat Beta. Setelah itu install Aplikasi tersebut di ponsel yang kompatibel.

2. Selain via PC, bisa juga mendownload langsung dari ponsel, caranya ketik MOBI lalu kirim ke 9800. Atau bisa juga menerima Aplikasi dari ponsel lain via Bluetooth.

3. Setelah terinstal di ponsel, buka aplikasi Mobinity, lalu ada pilihan: Existing More User, New User, dan Existing More & Mobinity User. Pilih saja New User sebagai Pengguna Baru.

4. Setelah itu tampilan halaman pengisian Biodata dan Nomor PIN. Selanjutnya Klik 'Sent', maka dikirimkan data tersebut untuk Registrasi.

5. Tidak lama kemudian akan masuk SMS yang memberitahukan bahwa nomor ponsel Anda sudah bergabung dalam Mobinity. Juga ada keterangan masa berlaku aplikasi ini bisa digunakan.

6. Setelah itu masuk kembali ke Mobinity dan lakukan Log In dengan memasukkan nomor PIN yang sebelumnya sudah didaftarkan.

7. Kemudian akan muncul tampilan Mobinity yang terdiri dari beberapa menu. Untuk masuk ke Facebook, pilih menu Friends.

8. Kemudian lakukan Log In ke Facebook, akan terlihat beberapa fasilitas seperti:

- Home:
Di sini juga berisi tampilan teman-teman Facebook berikut dengan berbagai infonya, termasuk status. Juga ada fasilitas Upload Photo baik dari gallery Photo maupun langsung dari kamera. Bisa juga memberi Comment.

- Profile:
Berisi foto dan info pribadi, ada juga fasilitas Update Status, Upload Photo, My Photos (melihat koleksi foto) dan Wall.

- Friends:
Ada daftar nama, info dan foto friends, di sini bisa Sinkronisasi dengan Phonebook (Contact) yang ada di ponsel. Dengan begitu bisa langsung menelpon, mengirim SMS atau mengirim Email. Selain foto teman yang ada di Facebook juga bisa menjadi Caller ID saat telpon masuk. Di sini juga disediakan Search Friends untuk mencari dan menambah teman.

- Inbox:
Berisi pesan masuk yang bisa di Reply. Sayangnya belum ada fasilitas membuat pesan baru.


Untuk saat ini Mobinity baru berversi Beta. Anda bisa mencobanya, dan diberi waktu selama kurang lebih 5 hari. Mobinity bisa di instal di ponsel yang bersistem operasi Symbian S60 (selain S60 5th Edition). Untuk kedepannya, Mobinity rencananya akan dijual dengan cara Bundling dengan layanan operator. Dan untuk saat ini operator yang sudah men-suport Mobinity antara lain: Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan 3.

0 komentar: