APLIKASI FACEBOOK SONY ERICSSON

FACEBOOK SONY ERICSSON

Biasanya untuk akses Facebook di ponsel, melalui web browser atau lewat aplikasi Facebook sudah dibenamkan di ponsel. Tujuannya sama, menuju tampilan Facebook. Agar terkesan berbeda, Sony Ericsson mencoba membuat Aplikasi Facebook sendiri dan sudah tersedia di beberapa seri ponsel Sony Ericsson terbaru (C510, W508 dan lainnya). Sayangnya Aplikasi ini tidak bisa didownload, jadi Sony Ericsson sendiri yang menanam aplikasi ini.

Ketika membuka menu Facebook, langsung disuguhkan tampilan Log In berupa isian Username dan Password.
Setelah berhasil Log In, akan masuk ke tampilan Facebook yang hanya satu halaman. Di halaman itu ditampilkan status dan news feed terbaru dari beberapa teman (15 teman yang bisa ditampilkan). Di situ Anda juga bisa menuliskan status.
Ada pilihan Option di softkey kiri, ketika di klik muncul menu:

- Refresh:
Untuk merefresh tampilan Facebook sehingga muncul tampilan teman dan status yang baru.

- Schedule Update:

Untuk meng-update tampilan Facebook yang sedang dibuka. Proses update bisa dilakukan secara otomatis dengan pilihan beberapa rentang waktu (setiap 15 menit, 1 jam, 6 jam atau setiap sehari sekali). Bisa juga di update secara manual.

- Go To Facebook Mobile:

Di tampilan Facebook yang sedang dibuka, fasilitas yang disediakan sangat terbatas. Untuk bisa menikmati fasilitas Facebook lainnya, tinggal pilih menu ini. Maka akan ditujukan ke tampilan Facebook Mobile (m.facebook.com)

- Updates In Standby:

Inilah yang membedakan aplikasi Facebook Sony Ericsson dengan aplikasi yang ada di ponsel lain. Dengan fasilitas ini maka ditampilkan awal layar (homescreen), bisa dimunculkan tampilan foto teman-teman Facebook berikut statusnya dengan posisi berjejer ke samping. Tampilan foto teman-teman yang ada ditengah akan diperbesar dan ditampilkan statusnya. Dan untuk melihat tampilan teman lainnya tinggal tekan tombol navigasi kanan atau kiri. Ada 30 foto teman yang bisa ditampilkan. Tapi sebelumnya di menu Updates In Standby harus memilih 'On'
Kemudian langsung menuju tampilan awal layar, maka akan terlihat foto teman-teman Facebook. Untuk bisa menggeser foto-foto tersebut, terlebih dahulu klik 'Facebook' yang ada di softkey kiri. Untuk meng-update tampilan foto ini, cukup tekan 'Refresh' yang ada di softkey kiri.
Jadi sebenarnya Aplikasi Facebook Sony Ericsson ini sederhana, karena fasilitasnya terbatas. Tapi tampilan Facebook di homescreen, itu terbilang menarik. Dan seperti telah dijelaskan, untuk fasilitas Facebook yang lebih lengkap, maka harus masuk ke tampilan Facebook Mobile (m.facebook.com) yang berbasis WAP. Di tampilan Facebook Mobile terdiri atas halaman:

- Home:

Berisi info yang berkaitan dengan pemilik Facebook (menerima message, poke, notificatin, dll), bisa meng-update status, tampilan beberapa teman dengan statusnya, memberi Comment.

- Profile:

Berisi tampilan koleksi foto, Contact info dan Wall

- Friends:

Berisi Search Friends, Recently Add, People You May Know dan My Friends (daftar teman)

- Inbox:

Berisi pesan masuk, bisa Composes Message, Reply, dan Delette Message. Selain itu ada juga tampilan Notification dan ada link ke Link Full Site (halaman Facebook berbasis WEB)

0 komentar: